Minggu, 30 Januari 2011
TIPS MENJAGA KESEHATAN RAMBUT DAN KULIT KEPALA
Rambut dan kulit kepala adalah salah satu karunia Allah yang patut disyukuri, salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Sudah banyak iklan TV atau media lainnya menayangkan produk untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, namun kita perlu bijak dalah memilih produk – produk yang ditawarkan oleh iklan. Karena jika salah pilih, bisa – bisa rambut dan kulit kepala kita yang akan menjadi korbannya.

Sebelum memilih produk yang ditawarkan, saya mengajak anda untuk mencermati dulu kondisi rambut dan kulit kepala anda, soalnya tidak semua produk yang ditawarkan cocok dengan rambut dan kulit kepala anda. Dibawah ini beberapa kondisi rambut dan kulit kepala yang beserta sampo jenis apa yang cocok untuk rambut dan kulit kepala anda:
Rambut kering
Untuk anda yang mempunyai kering anda pasti hafal dengan gejala – gejalanya diantaranya:
1. Rambut terlihat tampak kusam
2. Ujung rambut bercabang dimana – mana
3. Warna rambut tampak kering dan tidak segar
Jika anda mengalami masalah seperti ini, sebaiknya anda membeli sampoo atau prodak yang mengandung pelembab. Dan juga pilih sampoo yang mengandung bahan – bahan alami seperti minyak zaitun, minyak almond, madu, chamomile dan minyak esensial lainnya. Dan anda juga semstinya memakai kondisioner yang kental hal ini akan memberikan nurtrisi bagi rambut anda, dan berilah kondisoner dari atas sampai ujung rambut anda
Rambut berminyak
Di bawah ini beberapa ciri rambut berminyak
1. Rambut menjadi cepat lepek
2. Rambut terasa lengket bila dipegang
3. Kulit kepala gampang mengelupas
4. Rambut dan kulit kepala berbau apek karna bercampur dengan bakteri
Jika anda mengalami kasus seperti di atas, sebaiknya anda menggunakan sampoo extra mild karena anda sering mencuci rambut minimal tiga kali dalam satu minggu. Pakailah kondisioner dengan hati – hati jangan sampai mengenai akar rambut dan kulit kepala. Cukup paikan pada tengah dan ujung rambut saja.
Rambut berketombe
Untuk rambut berketombe memiliki beberapa ciri:
1. Kulit kepala selalu mengelupas, bila digaruk terlihat seperti kelapa di parut
2. Rasa gatel yang berlebihan pada kulit kepala, sehingga menggoda anda untuk menggaruk kulis kepala anda
3. Rambut jadi gampang lepek karena kulit kepala banyak memproduksi minya
Nah jika anada mengalaminya, jangan tunggu lama – lama atau jangan asal mahal. Anda harus membeli sampo yang mengandung sulfide, sulfur, dan zinc pyridinethione. Ketombe disebabkan oleh jamur. So pada saat anda menggunakan sampoo anti ketombe untuk rambut dan kulit kepala kesayangan anda jangan menggaruk keras keras kulit kepla anda, tapi cukup diremas – remas saja dengan lebut, hal ini untuk menghidnari kulit kepala anda luka atau iritasi.
Oke selamat mencoba dan semoga info ini bermanfaat.
Jika anda punya tips lain silahkan tinggalkan komentar anda
posted by sahlan @ 04.40  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
About Me
Foto Saya
Nama:

saya adalah seorang guru sd yang mempunyai ketertarikan khusus pada bidang kesehatan

Archives
Archives
Sidebar Section
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus. Aenean viverra malesuada libero. Fusce ac quam.
Links
Free Blogger Templates
© jiwa sehat ragapun sehat